STRATEGI PENGEMBANGAN UMKM MELALUI DIGITAL MARKETING SEBAGAI PENINGKATAN PEMASARAN DIMASA PANDEMI COVID-19

Authors

  • Binti Nikmatul Mauliza
  • Eka Sulistyawati

DOI:

https://doi.org/10.35888/opinia.v1i2.12

Abstract

Pandemi covid-19 banyak menimbulkan masalah baru di berbagai bidang dan mempengaruhi perekonomian sehingga mengurangi pendapatan. UMKM adalah salah pihak yang mengalami dampak penurunan pendapatan. Dampak tersebut tidak terbatas aspek produksi tetapi juga aspek pemasaran. Strategi digital marketing menjadi salah satu solusi yang tepat dalam mempertahankan operasional bisnis UMKM. Digital marketing juga bisa menjadi strategi yang efektif untuk meningkatkan penjualan. Penelitian mengenai strategi pengembangan UMKM melalui digital marketing sebagai peningkatan pemasaran di masa pandemi covid-19 ini menggunakan metode ABCD. Asset-Based Community Development (ABCD) merupakan sebuah pendekatan dalam pengembangan masyarakat yang berada dalam aliran besar mengupayakan terwujudnya sebuah tatanan kehidupan sosial dimana masyarakat menjadi pelaku dan penentu upaya pembangunan di lingkungannya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan adanya pendampingan kepada pelaku UMKM Kerupuk Miroso dan UMKM Klepon mengenai pemanfaatan digital marketing berupa medial sosial (Instagram dan Facebook) dan e-commerce (marketplace Shopee) telah mampu meningkatkan pengetahuan dan keterampilan mitra dan memberikan dampak pada peningkatan pemasaran. Oleh karena itu, strategi digital marketing bagi pelaku UMKM menjadi salah satu solusi yang tepat dan tidak bertentangan dengan kebijakan di era pandemi.

Downloads

Published

2021-12-25

How to Cite

Binti Nikmatul Mauliza, & Eka Sulistyawati. (2021). STRATEGI PENGEMBANGAN UMKM MELALUI DIGITAL MARKETING SEBAGAI PENINGKATAN PEMASARAN DIMASA PANDEMI COVID-19 . Opinia De Journal, 1(2), 108–127. https://doi.org/10.35888/opinia.v1i2.12

Issue

Section

Articles