PENGGUNAAN CELEBRITY ENDORSEMENT PADA MEDIA SOSIAL INSTAGRAM DALAM TINJAUAN EKONOMI ISLAM (Studi Kasus Online shop @bibehstyle.id)

Authors

  • Doris Arung Basori
  • Imam Annas Mushlihin
  • Ririn Tri Puspita Ningrum

DOI:

https://doi.org/10.35888/opinia.v2i1.20

Abstract

Celebrity endorsment menjadi salah satu strategi pemasaran andalan bagi pelaku usaha terutama @bibehstyle.id. Namun dalam mekanismenya terdapat kemiripan dengan praktek bai’ najasy yang dilarang dalam Islam. Penelitian ini mempunyai tujuan: Untuk mengetahui penggunaan celebrity endorsement pada media sosial Instagram di @bibehstyle.id dan Untuk mengetahui penggunaan celebrity endorsement pada media sosial instagram di @bibehstyle.id dalam tinjauan Ekonomi Islam.

Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisa data menggunakan metode Induktif dengan pendekatan kesejahteraan masyarakat. Sedangkan untuk memperoleh keabsahan temuan menggunakan teknik ketekunan pengamatan, triangulasi, dan pemeriksaan sejawat melalui diskusi.

Dari hasil penelitian ini, didapati bahwa mekanisme kerjasama endorsement yang dilakukan oleh @bibehstyle.id memiliki kesamaan dengan mekanisme praktek bai’ najasy dimana penjual meminta pihak ketiga untuk berpura pura membeli dan memuji barang dagangan. Perbedaannya, @bibehstyle.id hanya meminta selebgram sebagai pihak ketiga untuk mempromosikan dan memberi review jujur terhadap produk minibag yang dijualnya. Dalam tinjauan ekonomi Islam, bai’ najasy dilarang karena dapat merugikan konsumen. Sedangkan celebrity endorsement yang dilakukan @bibehstyle.id dan selebgram  telah diketahui oleh konsumen bahwa itu adalah suatu kerjasama promosi. Sehingga konsumen melakukan pembelian karena tertarik pada produk yang dipromosikan, bukan karena terpedaya ajakan selebgram. Maka peneliti membuat kategori celebrity endorsement yang wajar dan celebrity endorsement yang memiliki kecenderungan bai najasy.

Downloads

Published

2022-06-25

How to Cite

Doris Arung Basori, Imam Annas Mushlihin, & Ririn Tri Puspita Ningrum. (2022). PENGGUNAAN CELEBRITY ENDORSEMENT PADA MEDIA SOSIAL INSTAGRAM DALAM TINJAUAN EKONOMI ISLAM (Studi Kasus Online shop @bibehstyle.id). Opinia De Journal, 2(1), 33–45. https://doi.org/10.35888/opinia.v2i1.20

Issue

Section

Articles