Kafā’atu al-Mu‘allimi al-Mihniyyatu fī Ta‘līmi al-Lughati al-‘Arabiyyati li-Raf‘i Natā’iji at-Tadrīs
Keywords:
kompetensi profesional, guru bahasa Arab, hasil belajarAbstract
Penelitian ini bertujuan menganalisis kompetensi profesional guru bahasa Arab dalam meningkatkan hasil belajar di SMA Negeri 5 Jombang. Kompetensi profesional meliputi penguasaan empat keterampilan berbahasa: menyimak, berbicara, membaca, dan menulis. Penelitian menggunakan metode deskriptif melalui angket, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru bahasa Arab telah menguasai setiap keterampilan dengan baik: kegiatan menyimak sesuai unsur-unsurnya, pembelajaran berbicara mengikuti prinsip keterampilan berbicara dengan dukungan media yang inovatif, pembelajaran membaca memperhatikan ketepatan bunyi dan intonasi, serta pembelajaran menulis mencakup aspek ejaan, kaligrafi, dan komposisi. Secara keseluruhan, kompetensi profesional guru berkontribusi signifikan dalam meningkatkan hasil pembelajaran bahasa Arab di SMA Negeri 5 Jombang.








