Pendidikan Islam Humanistik Berbasis Cinta: Kajian Literatur tentang Relasi Murabbi dan Murid dalam Perspektif Tarbiyah Nabawiyah

Authors

  • Ali Masykur Universitas Islam Negeri Ponorogo

Keywords:

Pendidikan Islam, Humanistik, Cinta, Murabbi, Tarbiyah Nabawiyah, Karakter, Spiritualitas

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kebutuhan untuk merevitalisasi paradigma pendidikan Islam yang lebih manusiawi di tengah krisis moral dan dehumanisasi pendidikan modern. Pendidikan Islam humanistik berbasis cinta dipandang sebagai solusi konseptual yang menekankan pembentukan karakter dan spiritualitas melalui hubungan yang penuh kasih antara murabbi dan murid sebagaimana dicontohkan dalam Tarbiyah Nabawiyah Rasulullah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi literatur, melalui telaah terhadap berbagai karya ilmiah, kitab klasik, dan referensi kontemporer tentang pendidikan Islam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa cinta dalam pendidikan Islam tidak hanya berfungsi sebagai nilai etis, tetapi juga sebagai fondasi pedagogis yang membentuk relasi edukatif berbasis rahmah, tawadhu‘, dan hikmah. Relasi tersebut berdampak positif terhadap pengembangan karakter, kecerdasan emosional, dan kesadaran spiritual peserta didik. Dengan demikian, pendidikan Islam humanistik berbasis cinta relevan untuk diimplementasikan sebagai model pembelajaran yang menumbuhkan keseimbangan antara aspek kognitif, afektif, dan spiritual di era modern.

Downloads

Published

2025-08-28

Issue

Section

Articles