Penerapan Poster sebagai Media Visual dalam Mata Kuliah Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi

Authors

  • Radian Arum Ardhani STIKES Bhakti Husada Mulia

Keywords:

Media poster, pembelajaran Bahasa Indonesia, pendidikan karakter, anti perundungan, Perguruan Tinggi

Abstract

Transformasi digital telah memengaruhi pola interaksi mahasiswa di Perguruan Tinggi, yang di satu sisi memperluas akses pengetahuan, namun di sisi lain memicu penurunan sensitivitas sosial dan meningkatnya praktik perundungan, khususnya di ruang digital. Penelitian ini bertujuan menganalisis penerapan media poster dalam pembelajaran Bahasa Indonesia sebagai sarana penguatan karakter peduli sosial dan anti perundungan. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain deskriptif analitis. Subjek penelitian adalah mahasiswa Program Studi Kesehatan Masyarakat pada mata kuliah MKWK Bahasa Indonesia di STIKES Bhakti Husada Mulia Madiun. Data dikumpulkan melalui observasi partisipatif, wawancara mendalam, dan analisis dokumen, kemudian dianalisis menggunakan model interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media poster efektif meningkatkan keterlibatan mahasiswa, memperkuat pemahaman etika komunikasi, serta mendorong internalisasi nilai empati dan sikap anti perundungan. Media poster berfungsi sebagai instrumen pedagogis integratif yang menghubungkan pembelajaran bahasa dengan pendidikan karakter. Penelitian ini berimplikasi pada pengembangan pembelajaran Bahasa Indonesia yang kontekstual, partisipatif, dan berorientasi pada pembentukan karakter di Perguruan Tinggi.

Downloads

Published

2025-10-01

Issue

Section

Articles